Selamat Datang di Website Resmi Desa Kutuh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Kutuh untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Kutuh  meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Pura Padang Sampian Tempat Memohon Anugrah Kemakmuran

30 Oktober 2018 05:49:22  admin-kutuh  454 Kali Dibaca  Wisata Spiritual

    Salah satu pura yang ada di Desa Kutuh adalah Pura Padang Sampian. Pura ini memiliki kekuatan magis yang sangat kuat dan diyakini oleh seluruh masyarakat sebagai tempat untuk memohon anugrah kemakmuran kepada Sang Hyang Pencitpa Alam Semesta. Pura ini terletak di lereng bukit Desa Kutuh. Pemandangan indah, alami dan menyejukkan membuat perjalanan menuju pura ini sangat menyenangkan. Hamparan pemandangan hutan kehijauan membuat pikiran begitu tenang ketika memasuki areal pura. Sesuai kondisi yang ada, Padang Sampian berarti hamparan indah penuh anugrah, yang siap mendorong gelombang otak ke tahap alpha, dan saat itu juga suasana hening akan meningkatkan rasa spiritualitas kita.

    Menurut para linuwih pura ini ada kaitanya dengan sebuah kerajaan besar di tanah Jawa yaitu kerajaan MajaPahit. Ini dicirikan dengan tumbuhnya pohon  yang sama yang tumbuh di pemakaman Raden Wijaya di Situ Ingil, yaitu pohon kayu kesambi tumbuh di tempat atau posisi yag sama di luar pura di sebelah kiri pintu masuk.

    Keajaiban di pura ini, yang mungkin hanya ada satu-satunya di Pura Padang Sampian adalah air suci yang keluar dari lubang batu yang tidak ada sumber mata airnya. Air suci ini hanya akan keluar ketika permohonan akan air ini dikabulkan oleh Hyang Pencipta. Dan sakralnya, permohonan ini hanya dapat dilakukan saat Piodalan Ngusaba Gede saja.

    Bagi Anda penggemar spiritual, tempat ini sangat layak dijadikan wisata spiritual. Didukung suasana alam sekitar, akan membuat meditasi atau perilaku spiritual Anda berjalan khusus dan kidmad. Silahkan hubungi pemangku/pinandita yang menjadi penanggung jawab pura ini.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:271
    Kemarin:105
    Total Pengunjung:117.891
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.172.123
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

19 Oktober 2018 | 2.848 Kali
Air Terjun Desa Kutuh
01 Juni 2018 | 2.688 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Kutuh
09 Desember 2019 | 2.007 Kali
MARKISA MENJADI LADANG BISNIS TAMBAHAN YANG MENGUNTUNGKAN
25 Februari 2022 | 893 Kali
MELESTARIKAN DAN MENGEMBANGKAN BAHASA AKSARA DAN SASTRA BALI
10 Februari 2023 | 638 Kali
SURGA DI PELOSOK DESA
22 Juni 2021 | 631 Kali
APBDES
11 Juni 2021 | 616 Kali
MUSYAWARAH DUSUN (MUSDUS) BANJAR ANGANSARI